Ads 468x60px

Labels

Have A Question ? Ask me In YM:

Copyright Text

Saturday, June 30, 2012

Cara mengehemat Baterei Android terbaru

Cara mengehemat Baterei Android terbaru - Pada zaman ini Fitur dan Spesifikasi ponsel Smartphone, khusunya ponsel yang menggunakan O.S android sudah sangat beragam. Dengan pesatnya arus perkembangan teknologi, ternyata juga mempengaruhi fitur-fitur yang ada di dalam Handphone. Mulai dari Kamera dengan resolusi yang tinggi, processor dengan kecepatan clock yang menyamai PC, hingga teknologi GPS ( Global Positioning System ) sudah dibenamkan di dalam Ponsel untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Dan Fitur-fitur yang beragam tersebut tentunya membutuhkan daya yang cukup besar, padahal banyak produsen ponsel memangkas daya baterei untuk mengurangai berat, ukuran, serta harga dari                            
sebuah ponsel. Inilah yang menyebabkan Smartphone sering kehabisan daya atau dalam bahasa indonesianya sering " Ngedrop ". Tentunya cepat habisnya baterei tersebut akan sangat mengganggu, lalu adakah cara yang bisa dilakukan untuk Menghemat Baterei Ponsel Android ? . Tentu ada, dan berikut adalah Cara untuk Menghemat Baterei Ponsel Android :


1. Kurangi Kecerahan Layar 
Tampilan khususnya layar adalah Faktor utama cepat habisnya daya Baterei Ponsel Android. Mengurangi tidak akan terlalu mengganggu ketika memainkan game ataupun menonton Film . Bahkan mengurangi tingkat kecerahan layar dapat bermanfaat ketika anda membaca Ebook, untuk mengurangi radiasi cahaya kemata anda. Secara umum, mengurangi kecerahan layar dapat dilakukan dengan cara, masuk ke Menu " Settings >  Display > Brightness ".


2. Matikan "Mobile Bravia Engine" untuk pengguna Ponsel Sony Ericsson.
Walaupun Bravia Engine dapat meningkatkan kualitas tampilan, dan membuat tampilan foto serta video menjadi tampak lebih asli. Namun fitur Bravia Engine membuat baterei lebih boros, dan jika anda tidak memerlukannya saya sangat meyarankan untuk menonaktifkan fitur ini, untuk menghemat Baterei Ponsel Android anda. Untuk menonaktifkannya dapat dilakukan dengan mengakses menu, "   Settings >  Display > Mobile Bravia Engine "


3. Matikan Fitur GPS
Tidak dapat dipungkiri, GPS adalah fitur yang sangat tidak menghemat baterei, jika anda tidak terlalu memerlukannya sebaiknya anda mematikan fitur ini. GPS bisa dinonaktifkan melalui menu " Setting > Locaion & Security > Use GPS Satellites


4. Pakai Aplikasi penghemat Baterei
Ada banyak Aplikasi untuk mengehemat Baterei Ponsel Android yang beredar di Android Market, Namun yang paling sering digunakan adalah " Juice Defender ". Anda dapat mendownload Aplikasinya secara gratis melalui Android market melalui link Ini .

5. Matikan Aplikasi yang berjalan di Background
Sistem Operasi Android adalah SO yang termasuk multitasking yang bisa menjalankan beberapa program sekaligus. Sering kali kita ingin keluar dari suatu program menggunakan tombol Home Button pada ponsel, jika kita melakukan hal itu sebenarnya aplikasi tidak benar-benar tertutup. Jadi Tutup aplikasi menggunakan tombol Back Button, atau dengan Sebuah Aplikasi yang bernama " Advanced Task Killer " yang bisa anda download di Android market melalui link Ini .

6. Jangan Terlalu lama mengisi Baterei
Ini adalah hal klasik yang dilakukan oleh setiap orang, kebiasaan mengcharge baterei sesaat sebelum tidur sampai pagi atau istilahnya ( over charging ) bisa membuat Baterei android anda kembung, dan jika sudah demikian akan cepat sekali habis daya baterei Ponsel Anda.

7. Isi Baterei hingga penuh
Jika anda mengisi baterei ponsel, sebaiknya isi sampai benar-benar penuh. Jadi sebelum 100% sebaiknya anda tunggu sampai benar-benar penuh. Karena jika anda sering kali melakukan charging, akan memperpendek umur baterei Ponsel Android anda.

8. Matikan Layanan Data
Layanan Data tidak hanya memboroskan Baterei , namun juga memboroskan pulsa anda. Karena data akan terus lalu lalang di Hp anda. Anda bisa mematikan layanan data ini melalui menu " Setting > Wireless & networks > Mobile Networks > Data Enabled.

9. Matikan Wireless / Wifi
Wireless Network memang sangat berguna, untuk berinternet dengan kecepatan lumayan serta gratis tentunya. Namun sering kali kita lupa mematikannya setelah memakai jaringan Wifi ini. Cara untuk mematikan fitur ini dapat dilakukan dengan cara " Setting > Wireless & networks >Wifi .

10. Nonaktifkan Fitur " Auto-rotate screen "
Fitur ini memang kadang-kadang berguna, namun jika anda tidak sedang benar-benar memerlukannya fitur ini agak sedikit mengganggu dan boros terhadap Baterei. Fitur ini bisa di nonaktifkan melalui menu " Setting >Display > Auto Rotate Screen ".

Overall memang tidak dapat dipungkiri, Smartphone Android memang boros Baterei, karena Smartphone Ponsel beribu fitur tentu boros baterei . Selalu ada cara untuk menghemat Baterei Android ini , dengan mematikan beberapa fitur yang tidak berguna. Namun hal ini kembali lagi terhadap pemakaian terhadap ponsel oleh pengguna itu sendiri. Jadi gunakanlah ponsel anda sesuai dengan kebutuhan, apapun yang terlalu berlebihan itu tidak baik.

No comments:

Post a Comment